CONTOH KASUS ADAPTASI,FRUSTASI,KONFLIK,DAN MALADATIF


CONTOH KASUS ADAPTASI, FRUSTASI,KONFLIK,DAN  MALADATIF
                                                                              

Tahap-tahap adaptasi yang terkait ibu hamil
Suatu hari ada sepasang kekasih yang meminta restu kepada sang ibu. Yang mana keluarga dari pria ini adalah orang yang hidup didesa (miskin) sedangkan si wanita adalah orang yang derajatnya lebih tinggi yang terbiasa hidup dikota.
Devi       : “Mas gimana ini ?, kan kita udah pacaran lama. Kapan kitah nikahnya ?”
Chat       : “Dek tenang mas bakalan berusaha minta restu kok sama ibu, kamu jangan kawatir ya”
devi       : “iya mas, janji ya ? aku takut sama ibunya mas.”
chat       : “Iya dek, mas janji. Kamu ikut mas aja dari belakang.”
Akhirnya sang suami (chat) meminta restu kepada sang ibu dengan membawa kekasihnya.
Chat       : ”Assalammualaikum bu”
Eka         : “Waalaikumsalam, iyo masuk le”
Chat       : “Ibu ini saya mau ngenalin seseorang”
Eka         : “Sopo toh lee? tumben arep ngenalke karo ibu”
Chat       : “Ini bu yang mau saya kenalin” (sambil membawa Devi masuk kedalam rumah)
Eka         : “Oalah ini”
Chat       : “Iya bu, bu sayakan udah lama pacaran sama dia. Jadi saya mau nikah sama Devi”
Eka         : “astagfirulloh, koe yakin arep nikah karo ndok ayu iku? Awake dewe iki wong ra nduwe loh,
                  opo koe ki we sanggup nguripi anake uwong sugih iku? Sing biasanae urip neng kuto ,
                  numpake mobil, bedo karo awake dewe ki loh lee.”
                 (astagfirulloh, kamu yaki mau nikah sama perempuan cantik itu? Kita ini orang yang gak punya
                 loh, apa kamu sanggup menghidupi anak orang kaya itu? Yang biasanya hidup di kota, naiknya
                 mobil, berbeda dengan kita nak.)
chat       : “iya bu , saya sanggup, saya yakin bu. Saya mohon minta doa ibu. Saya sangat mencintainya bu.”
Eka         : ” yo wes. Sak karepmu le. Seng penting ibu wes nasehati awakmu. Yek ono opo-opo ojo nyalahke ibu yo.”
(ya sudah. Terserah kamu nak. Yang penting ibu sudah menasehati kamu. Kalau ada apa-apa jangan salahkan ibu ya.)
Chat       : “ enggeh bu. “
(akhirnya mereka menikah dan akhirnya devi hamil)
Setiap  hari devi selalu menjalankan kehidupannya, seperti membersihkan rumah, mengambil air di sumur, memasak dan lain-lainnya. Beberapa hari kemudian, Devi meminta kepada Chat untuk mengantar ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya.
Devi       : “Mas bisa ngak besok nganterin aku ke tempat bidan, buat periksa kandungan”
Chat       : “Ngak bisa, kamu taukan aku sibuk kerja kamu minta temenin ibu sana”
 akhirnya Devi menemuin ibunya
Devi       : “Ibu”
Eka         :  “Iya kenopo?”
Devi       : “Saya bisa ngak minta tolong sama ibu”
Eka         : “Minta tolong apa ?”
Devi       : “Bu bisa ngak besok saya minta anter ke tempat bidan bu?. Buat periksa kandungan kan kandungan aku ini udah besar”
Eka         : “Aduh ibu ngak bisa besokkan ibu mau kepasar buat julan kamu sendiri aja sana”
Dan akhirnya Devi pun pergi sendiri untuk memeriksakan kandungannya
Devi       : “Assalamualaikum”
Indang  : “waalaikumsalam, silahkan masuk bu. Silahkan duduk”
Devi       : “Iya bu”
Indang  : “perkenalkan nama saya bidan indang yang bertugas hari ini,dengan ibu siapa ya bu?
Devi       : “nama saya devi”
Indang : “ada yang bisa saya bantu bu?”
Devi       : “saya mau periksa kehamilan saya bu,dan saya mau mengetahui berapa umur kendungan
                  saya,dan perkiraan lahir calon bayi saya bu.”
Indang : “ melakukan anamnesa ibu hamil.”
Indang :” baik bu saya akan memeriksa ibu silahkan masuk ke ruang periksa bu”
Beberapa jam kemudian setelah hasil pemeriksaan di lakukan oleh bidan mendapatkan hasil.
Indang  : “dari hasil pemeriksaan tadi bahwa keadaan janin ibu sungsang,sebaiknya saat waktu lahiran nanti ibu melakukan operasi sesar.”
Devi       : “ibu memang ngak ada cari lain selain oprasi?. Saya ngak punya biaya buat oprasi karena suami saya saja kerjanya serabutan.”
Indang  : “ngak ada bu, sebaiknya ibu rudingkan dahulu kepada keluarga ibu. Ibu beritau resikonya apabila bayi lahir sungsang.”
Devi       : “Hmm baik lah bu, terimakasih”
Setelah pulang dari PBM Devi pun memberi tahu pada keluarganya
Devi       : “Mas gimana aku tadi udah periksa ternyata kata bidannya bayinya nanti lahir sungsang dan harus di oprasi sesar, jadi ini harus gimana mas?”
Chat       : “Lah gimana, tau sendirikan kalo mas ini kerjaannya cuman serabutan”
Devi       : “Lah terus gimana mas ? lah terus lahirannya bagaimana?”
Chat       : “Ah aku ngak tau, kamu minta uang aja sana sama bapak mu”
Devi       : “Tapi mas aku ngak enak sama bapak”
Chat       : “Udah itu jalan keluarnya”
Devi       : “Yudah tapi mas ngater ya”
Chat       : “Ah kamu aja sendiri kan kamu tau sendiri kalo mas sibuk”
Dan akhirnya Devi pun memutuskan untuk pergi sendiri
Devi       : “Assalamualaikum”
Oki         : “Waalaikumsalam”
Devi       : “Pak”
Oki         : “Iya, kamu tuben kerumah?”
Devi       : “Pak gini sayakan hamil besar udah mau ngelahirin. Dan kemaren sayakan periksa di bidan kata
                 bidannya bayinya nanti lahir sungsang dan harus di oprasi. Nah pak masalahnya suami saya
                 ngak ada uang buat oprasi pak sedangkan saya udah hamil besar. Jadi kedatangan saya kesini
                 saya minta tolong sama bpak buat bantu biaya oprasi”
Oki         : “Jadi kamu dating kesini cuman untuk minta uang ?. kan bapak waktu itu udah bilang jangan
                   nikah sama dia tapi kamu yang maksa jadi bapak ngak bisa apa-apa. Dan sekarang kamungadu
                   kebapak buat minta biaya oprasi. Mana tangung jawab suami mu ? kok dia lepah. Sana balik
                   ke
                 suami mu minta uang sana buat oprasi. Kamu ada perlunya aja ingat sama orang tua.”
Devi       : “Iya pak Devi emang salah, tapi emang ada alsannya saya  ngak bisa pulang kan bapak tau di sana ngak punya kendaraan. Dan pak saya bener-bener minta tolong, kan ini cucu bapak juga”
Oki         : “Yudah, bapak maafin kamu. (bapak pun pergi mengambil uang). Ini uang buat oprasi kamu”
Devi       : “Terimakasih opak, sebelumnya Devi minta maaf karena udah ngerepotin bapak”
Oki         : “Iya ngak papa tapi jangan di ulangin lagii. Setelah lahiran lebih sering lagi kerumah”
Devi       : “Iya pak maaaf ya pak”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ASAM BASA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

EMPAT JENIS DAN CARA INJEKSI

MAKALAH PEMERIKSAAN PADA IBU HAMIL (HEAD TO TOE)